Juni 01, 2012

Lapis Surabaya

Jaman-jaman di kampus dulu ada satu tante yang sering berjualan di apartemen yang saya dan teman-teman tinggal. Kami memanggilnya Tante Sunda. Dia buka katering dan jual snack-snack. Pembelinya mayoritas anak Indonesia yang tinggal di sekitar kampus. Tiap satu minggu sekali dia buat nasi kuning, Dan itu selalu ditunggu-tunggu oleh saya dan teman-teman,

Salah satu dari snack yang dibawanya tiap sore adalah Lapis Surabaya. Rasanya yang legit selalu aku nantikan.

Ketika dulu ikut kursus cake tahun 2009, salah satu materinya adalah Cake Lapis Surabaya ini. Tapi.. dari tahun 2009 ampe 2012 itu resep cuma diplototin dan jadi pajangan aja. Abisnya resep ini menggunakan 30 telur ayam. Aku ulang sekali lagi ya.. 30 teluar ayam. Kebayangkan sedihnnya kalo kue ini bantat. 

Akhirnya, setelah sekian lama memberanikan diri untuk mencobanya. Nyobanya juga 1/2 resep aja. Kalo bantet kan ga terlalu sedih kali mikirnya. Melainkan sedih aja :P

Daaan... mulailah dari siang timbang menimbang bahan yang diperlukan. Selesai nimbang kok  mumet ya??? Akhirnya duduk bentar.. nonton tv dan akhirnya malam pun tiba. Tapi mood untuk baking ini belum juga muncul. Adek aku, farah yang suka bantuin kalo aku baking dah nanya-nanya aja kapan buatnya. Ayah dah beberapa kali nanya kueya dah matang? Lhaa.. gimana mo matang kalo dibuat aja belum :)

Dan aku putuskan besok aja deh buat kuenya. Akhirnya waktu pun berlalu. Pikir dipikir rasanya kalo besok dah malas lagi deh buatnya. Akhirnya jam 10 an malam langsung idupkan mixer, kocok telur dan lain sebagainya. Setelah selesai masukin oven dan duduk didepan oven dengan harap-harap cemas nuntuk nungguin si kue tercinta ini. Alhamdulillah hasilnya tidak mengecewakan. 

Rasanya yang legiit mengingatkan saat memakan kue ini ketika jaman kuliah dulu (Nostalgia jaman kuliah ni ceritanya :p )

Berikut penampakan my first Lapis Surabaya yang menggunakan blueberry jam sebagai filling :







Tidak ada komentar: